Episode Ramadhan..

Gak kerasa lagi hari ini udah menginjak hari ke 10 Bulan Ramadhan, hmm gimana puasanya teman-teman? Mudah-mudahan tetap semangat dan sampai finish tiap harinya. Di Tulisan kali ini saya mau sedikit ngungkap tentang Ramadhan hasil pemikiran yang dilandasi dari beberapa tulisan yang telah saya baca, mudah-mudahan menemani ngabuburit saya dan pembaca :D

Berbicara tentang bulan ramadhan, tentunya Ramadhan itu ibarat 1 bulan pesantrennya  diantara 11 bulan lainnya dalam 1 tahun episode kehidupan..cieee. dan mudah-mudahan setelah pesantren ramadhan kali ini (baca: Ramadhan 1433H) kita diuji dan lulus sehingga di 11 bulan lainnya kita bisa terbiasa dengan segala amalan dan optimalisasi ibadah juga muamalah yang telah kita biasakan di Ramadhan kali ini.

# Agama dan Landasannya

Rukun Agama masih ingat kan ada berapa? Hmm kalo yang belum ingat monggo di ingat-ingat lagi, agama itu dilandasi oleh Rukun Iman, Rukun Islam dan Ikhsan. Di dalam Rukun Iman kita tentu mengenal yang namanya :

Iman kepada Allah S.W.T, iman kepada Malaikat,Iman kepada Kitab, Iman Kepada Rasul, Iman kepada Hari Kiamat, Dan Iman kepada Qodha dan Qadhar

Kalo tentang Rukun Islam tentunya adalah:

Syahadat, Shalat, Shaum Ramadhan, Zakat, dan Haji (bagi yang mampu)

Kalo tentang ikhsan itu apa ya? Hmmm itu lebih kepada penguatan kapasitas diri terhadap agama, baik dari sisi  muamalah, ibadah maupun akhlaknya.

Ada Apa dengan Ramadhan?

Nah Ramadhan itu tentu saja adalah prasyarat kita kepada Islam, jadi kalo ngaku islam (dan sudah melampaui syarat-syarat) tapi gak ngejalanin ibadah puasa Ramadhan apa kata dunia, dan keislaman kita patut dipertanyakan ^^V

Berbicara tentang Shaum Ramadhan, Hukum mengerjakan Shaum Ramadhan itu wajib lho bagi tiap muslim yang beriman, nah rujukannya tentu sebagaimana Allah S.W.T Berfirman dalam Q.S. Al Baqarah : 183

Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelummu, agar kamu bertaqwa. (QS 2: 183)

Selain itu puasa itu wajib juga dilandasi dengan sabda Rasulullah S.A.W.

Islam itu didirikan atas lima asas yaitu: Bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, mengerjakan haji dan berpuasa di bulan Ramadhan (HR Bukhari Muslim).

Jadi ayo semangat untuk puasanya, karena dengan puasa berarti kita memperkokoh ke-Islaman kita.

# Keutamaan Shaum Ramadhan

Bagi beberapa orang tentunya melaksanakan ibadah Shaum Ramadhan ini adalah karena Allah S.W.T, dan jangan heran juga lho yang menguatkan agar shaum ini dilakukan oleh orang-orang yang beriman karena memang didalam Shaum Ramadhan, ada keutamaan-keutamaan yang menjadi perlunya melaksanakan ibadah ini,yuk dilihat ini dia keutamaan keutamaan dari melaksanakan shaum Ramadhan, yaitu:

1. Keutamaan yang Pertama adalah bahwa Ramadhan merupakan bulan penuh dengan berkah, yang pada saat Ramadhan ini dibukanya pintu-pintu surga dan ditutup pintu-pintu neraka, setan dibelenggu dan akan ada suatu malam yang nilainya lebih berharga daripada seribu bulan (malam Lailatul Qadhar, [pake backsound gigi *lailatul Qadar])

Nah untuk keutamaan yang pertama ini sebagaimana hadist berikut:

Diterima dari Abu Hurairah bahwa Nabi saw bersabda ketika telah datang bulan Ramadhan, ‘Sungguh, telah datang padamu bulan yang penuh berkah, dimana Allah mewajibkan kamu berpuasa, di saat dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu setan-setan, dan dimana dijumpai suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan. Maka barangsiapa yang tidak berhasil beroleh kebaikannya, sungguh tiadalah ia akan mendapatkan itu untuk selama-lamanya.’ (HR Ahmad, Nasa’i dan Baihaqi).

2. Keutamaan kedua adalah bahwa Ramadhan merupakan bulan dimana ada kegembiraan bagi orang-orang yang mencintai kebaikan, Gembira sekali kan kita yang shaum Ramadhan?? Hmm hal ini sebagaimana dituliskan oleh hadist berikut:

“Diterima dari ‘Arfajah, padanya disampaikan hadits tentang Ramadhan oleh temannya yang berkata: Saya dengar Rasulullah saw bersabda mengenai Ramadhan, ‘Pada bulan itu ditutup pintu-pintu neraka, dibuka pintu-pintu surga, dan dibelenggu setan-setan.’ Ulasnya lagi, ‘dan seorang malaikat akan berseru, ‘Hai pecinta kebaikan, bergembiralah!’ dan ‘Hai pecinta kejahatan, hentikanlah!’ sampai Ramadhan berakhir.’ (HR Ahmad dan Nasa’i).

3. Keutamaan ketiga adalah Ramadhan memberikan kepada kita suatu momen dimana sebagai bulan penghapusan kesalahan-kesalahan. Hal ini sebagaimana hadits berikut:

“Diterima dari Abu Hurairah bahwa Nabi saw bersabda, ‘Sholat yang lima waktu, Jum’at ke Jum’at, dan Ramadhan ke Ramadhan berikutnya menghapuskan kesalahan-kesalahan yang terdapat di antara masing-masing selama kesalahan besar dijauhi.’ (HR Muslim).

4. Keutamaan keempat, Ramadhan adalah sebagai bulan penghapus dosa. Jadi kalo lagi bulan Ramadhan Yuk kita kasihin penghapus dosa kita ke Allah S.W.T dengan beribadah, bermuamalah yang optimal, biar dosa-dosa kita dihapuskan oleh Nya.

“Dan dari Abu Sa’id al-Khudri ra bahwa Nabi saw bersabda, ‘Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan dan mengetahui batas-batasnya dan ia menjaga diri dari segala apa yang patut dijaga, dihapuskanlah dosanya yang sebelumnya.’ (HR Ahmad dan Baihaqi).

Hadist lainnya pun menguatkan bahwa Ramadhan itu adalah sebagai bulan penghapus dosa

“Dan diterima dari Abu Hurairah, katanya: Telah bersabda Rasulullah saw, ‘Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan keridhoan Allah, akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu.’ (HR Ahmad dan Ash-Habus Sunan).

5. Keutamaan kelima dari bulan suci Ramadhan adalah bahwa Ramadhan adalah ibadah shaum yang dilakukan oleh manusia yang beriman Allah S.W.T lah yang mengganjarnya. Sebagai mana hadist berikut:

“Dari Abu Hurairah ra: Rasulullah saw berkata, ‘Allah SWT berfirman (setiap amalan anak Adam untuknya kecuali puasa adalah untuk-Ku dan Aku akan mengganjarnya). Puasa itu adalah perisai, maka bila seseorang diantaramu berpuasa jangan berkata jorok, bersuara kasar, dan berbuat jahil. Apabila ada yang mengumpatnya atau mengajak berkelahi maka hendaklah ia katakan, ‘Aku sedang berpuasa,’ sebanyak dua kali. Demi yang jiwa Muhammad di tangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada aroma minyak misk pada hari kiamat. Orang yang berpuasa mempunyai dua kegembiraan, ketika berbuka puasa gembira dengan bukanya, dan ketika bertemu Rabbnya gembira dengan (pahala) puasanya.’ (HR Ahmad, Muslim, dan Nasa’i).

6. Banyak Syafaat dai Allah S.W.T bagi orang-orang yang melakukan shaum di bulan Ramadhan, sebagaimana hadist berikut:

“Dari Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah saw berkata, ‘Puasa dan Al-Qur’an akan memberikan syafa’at bagi seorang hamba pada hari kiamat. Berkata puasa (shiyam), ‘Wahai Rabb, aku telah menahannya dari makanan dan minuman serta syahwat pada siang hari, maka jadikanlah aku syafa’at untuknya.’ Dan berkata Al-Qur’an  ‘Aku telah menahannya dari tidur pada malam hari, maka jadikanlah aku syafa’at untuknya.’ Lalu keduanya dijadikan syafa’at untuknya.’ (HR Ahmad).

7. Keutamaan ke Tujuh dari melaksanakan Ibadah Shaum ramadhan adalah dijauhkan dari api neraka, sebagaimana hadist berikut:

“Dari Abu Sa’id Al Hudzri ra: Nabi saw bersabda, ‘Tidaklah seorang hamba berpuasa satu hari di jalan Allah, kecuali akan Allah jauhkan wajahnya dengan hari itu dari api neraka sejauh tujuh puluh tahun/khorif.’ (HR Jama’ah kecuali Abu Dawud).

8. Keutamaan ke 8 bahwa Shaum di bulan Ramadhan adalah Surga Ar Rayyan.

Dari Sahal bin Sa’ad: Nabi saw bersabda, ‘Sorga itu memiliki suatu pintu yang dijuluki Rayyan. Akan diserukan pada hari kiamat ‘Dimanakah orang-orang yang berpuasa?’ Apabila semua mereka telah memasukinya, ditutuplah pintu tersebut.’ (HR Bukhari Muslim).

9. Keutamaan ke sembilan dari ibadah Shaum Ramadhan adalah bahwa Shaum adalah perisai dari Api neraka

Sabda Nabi saw, ‘Puasa adalah perisai dari neraka, seperti perisai salah seorang kamu dalam perang dari serangan musuh.’ (HR Ahmad).

Tuh kan, banyak sekali keutamaan di bulan Ramadhan ini yang kalo kita tinggalkan tanpa beribadah dan bermuamalah yang optimal tentunya keutamaan-keutamaan yang sembilan tadi ndak bakalan kita dapatkan, padahal dalam setahun Ramadhan Cuma 1 kali lho… so, yuk sama-sama kita tingkatkan ibadah kepada Allah S.W.T dibulan Ramadhan ini yang nantinya membiasakan juga di sebelas bulan lainnya untuk senantiasa beribadah dan bermuamalah yang optimal.

Salam Ramadhan berkah 1433H :D

About these ads

About kang Rahmat

My Name is Rahmat Nugraha, Alumnus of Bogor Agricultural University - Majoring Management and focus in Marketing - 45th Generation.

Posted on 30 July 2012, in Hikmah and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 3,179 other followers

%d bloggers like this: