Mengenal Indonesia (Lagi) #Part1

Ini bukan catatan biasa, ini adalah catatan luar biasa. Catatan tentang dimanakah aku berada selama ini. catatan tentang tanah air ku, tanah kebanggaanku, tanah yang membesarkan dan mendewasakanku, dan tanah tempat aku, ibu, ayah, keluarga, teman, dalam  menyelami hidup, menapaki jejak kaki, berbagi mimik muka, ada sedih, senang, tertawa, menangis, marah, bahkan diam sekalipun, tapi teman mari kita coba ingat lagi tentang dia, kita kenal lagi dia! kita dekati lagi dia! kita sayangi dia! kita pahami dia! dia, Tanah Airku, Tanah Air kita, INDONESIA.

Siapakah INDONESIA

Belakangan pasti persepsi kita tentang sebuah bangsa kadang dialihkan oleh persepsi negatif, direlung dengan masalah, dihiasi dengan kejahatan, dan diwarnai dengan kesemrawutan, tapi apakah kita pernah mengalihkan persepsi dengan sudut pandang berbeda bahwa Indonesia itu adalah Negara Kepulauan terbesar di belahan bumi ini. bayangkan saja dari data yang diketahui Indonesia adalah negara kaya. Bukti kekayaannya adalah: Indonesia memiliki 17.508 pulau, 81.000km garis pantai (coast line) dan tentunya 3 zona waktu (Waktu Indonesia Barat – WIB, Waktu Indonesia Tengah-WITA, dan Waktu Indonesia Timur-WIT).

Pengapalan Dunia (World Shipping)

Dari sisi jalur pengapalan yang mengangkut barang-barang dari antar negara, Indonesia pun memiliki kontribusi yang dominan, bayangkan saja, secara bobot Geostrategik, 58% pengapalan di dunia adalah terpusat di Indonesia. Dengan bobot World Shipping di selat maka sebesar 36% (setara dengan perdagangan sebesar $ 390 Miliar), di selat sunda 7% (setara dengan $5 miliar), dan di selat lombok bobot world shipping 15% (Setara dengan $40 miliar).

Kekayaan Jumlah Penduduk dan Perkotaan

berbicara mengenai jumlah penduduk, tentunya akan berefek kepada lapangan kerja, tenaga kerja, dan target konsumen dalam perdagangan. Jika melihat potensi indonesia yang memiliki populasi 240 juta (2010), dengan pertumbuhan penduduk sebesar 1,49% / tahun tentunya menjadi peluang tersendiri untuk melakukan segmentasi konsumen dan menarik tenaga kerja dari Indonesia, bahkan untuk membangun indonesia itu sendiri (cateris paribus). dan dari sudut pandang inti kota, Sebagai Ibu kota, Jakarta memang layak mendapat sorotan tajam bagi berbagai pihak yang melihat indonesia. dari total populasi 10 juta dengan pertumbuhan 1,35% / tahun pantas saja perkembangan jasa di Jakarta semakin berkembang. Oh iya indonesia saat ini dari sudut pandang perkotaan/regional telah memiliki 33 provinsi, ditambah dengan 497 kota di Indonesia dengan komposisi 11 Metropolitan (apa aja coba?) selanjutnya 15 kota besar, dan 48 kota sedang, sedang sisanya adalah kota/kabupaten kecil.

Alasan Berbisnis di Indonesia

Kenapa orang/ pebisnis banyak yang berinvestasi/berbisnis di Indonesia?. Jawabannya adalah tak lain karena di Indonesia memiliki keunikan tersendiri yaitu dengan politik demokrasi, keadaan demografi yang optimal serta wilayah indonesia masih merupakan negara yang sedang berkembang.

Fungsi dari Demokrasi Indonesia

Saat ini, Indonesia memang masih menerapkan asas politik demokrasi (politik yang bersumber dari rakyat, oleh rakyat dan untuk kepentingan rakyat.) hal ini dapat terbukti dari adanya pemilihan perangkat pemerintahan yang secara langsung oleh rakyat dan pemilihan-pemilihan perangkat pemerintahan lainnya. Selain itu di Indonesia Parlemennya memiliki kekuatan yang sangat dominan, serta diakuinya Hak Azasi Manusia. dari segi media dengan adanya demokrasi ada kecendrungan kekuatan media sangatlah kuat. Bahkan bisa jadi Media lah yang berkiprah dalam pembentukan pola pikir masyarakatnya.

Kekuatan Pemerintahan di Indonesia.

Setidaknya, dan sekurang kurangnya di Indonesia memiliki kekuatan dalam hal pemerintahan yang terdiri dari 33 provinsi, 497 kabupaten/kota, 9 partai politik (sekarang) dan 43 partai politik (1999)

dan yang unik dari Indonesia saat ini adalah, mengenai pemilihan perangkat pemerintahan. masih ingetkan dulu pernah secara langsung memilih presiden?

yupz, di Indonesia memang terakhir kali karena sistem demokrasi, kita secara langsung sebagai rakyat jelata bisa langsung memilih presiden (syarat berlaku). bahkan dengna adanya otonomi daerah yang bersifat desentralisasi, pada semacam keasyikan daerah dalam pemilihan pemerintahannya. buktinya saja sampai saat ini pemilihan parlemen telah terjadi dalam 550 kejadian, pemilihan gubernur sebanyak 33 kali (karena 33 provinsi), selanjutnya ada 497 pemilihan Walikota/ Bupatei, sehingga menimbulkan 533 pemilhan camat di tingkat kecamatan, bahkan di desa pun ada kurang lebih 62.000 pemilihan kepala desa, nah kalo untuk bisnis peluangnya banyak sekali apalagi buat yang bisnis percetakan kan salah satu kampanye pemasaran calon adalah melalui media cetak jadi di Indonesia peluang banget tuh (Eh kok jadi menjulur ke bisnis sih ahah).

GDP (Gross Domestik Product) Indonesia

Kalo ini sih sebenarnya itung-itungan buat anak Ilmu Ekonomi kali ya,  tapi gak apa-apa deh kita ulas juga mengenai GDP di Indonesia..

GDP di Indonesia itu mulai dari tahun 1970 nilainya sebesar $10 miliat. terus mengalami kenaikan tapi dengan kecepatan yang rendah sampai tahun 1995 (inilah masa orde lama ) nilai GDP di indonesia adalah $32 miliar (tahun 1975), $78 Miliar (tahun 1980), $87 miliar (tahun 1985), $114 miliar (1990), dan $202 miliar (tahun 1995). Nah itulah kondisi GDP Indonesia di jamannya Orde baru. sedangkan saat ekonomi krisis setelah jatuhnya orde baru, dan mulai munculnya reformasi GDP indonesia jatuh pada tahun 1998 menjadi $95 miliar. Yak namanya juga sistem baru, akhirnya lambat laun pun dengan adanya demokrasi yang diawali reformasi meningkat kembalilah GDP indonesia menjadi $165 miliar (tahun 2000), $285 miliar (tahun 2005),  $750 Miliar pada tahun 2010 dan $100 Miliar ditargetkan pada tahun 2014)…

Nah bersambung dulu ah mengenai mengenal Indonesianya,.. nanti disambung lagi ya kawand😀

About kang Rahmat

Sedang berusaha membangun ABdi Group, MRL, dan M&M. | mau lebih kenal dekat, cek Notes kang Rahmat di http://rahmatnugraha.net

Posted on 21 Juni 2012, in Design and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: