Kompetensi, sebuah dasar SDM yang unggul..

Suatu saat saya bertanya kepada seseorang yang memiliki pemahaman lebih mengenai kepribadian dan kesuksesan. 1 Hal yang menarik adalah, bahwa ternyata seseorang yang memilki kompetensi di bidangnya dilandasai dengan kemampuan bersosialisasi (network) yang luas serta niatan yang kuat, adalah pribadi yang akan mendapatkan kesuksesan jangka panjang, tutur orang yang saya tanyai tersebut.

Nah, sekarang mau sedikit share nih tentang kompetensi dan seluk beluknya. Yuk disimak!

Pengertian Kompetensi adalah: karakteristik dasar individu yang membuatnya dapat memperlihatkan kinerja superior dan efektif (Spencer). Sedangkan Menutur Whiddett dan Hollyforde Kompetensi diartikan sebagaiperilaku yang diperlihatkan individuketika melaksanakan tugas secara efektiv dalam konteks organisasi. Hal ini hampir senada dengan apa yang diutarakan oleh R.Palan, bahwa Kompetensi adalah meliputi 2 term yang digunakan (Competency: mendiskripsikan perilaku, dan Competence: mendiskripsikan tugas atau outuput tugas) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Kompetensi adalah berbagai aspek yang mendasari karakteristik perilaku terdiri atas motif, ciri kepribadian, nilai, keterampilan yang diperlihatkan oleh individu dengan kinerja superior.

Konsep Kompetensi

DIMENSI INDIVIDU (didalamnya terdiri dari Bakat, Motivasi, Karakter, Sikap, Nilai, dan Pengetahuan) yang menghasilkan SPIRIT

PERILAKU (didalmnya terdiri dari Keterampilan) yang menghasilkan TINDAKAN

PRESTASI KERJA (meliputi Karya dan Kegiatan) yang dicerminkan oleh HASIL

Semuanya dipengaruhi oleh lingkungan individu itu berada

Konsep Kompetensi:

Yang Tampak : (Karya, Perilaku, Keterampilan, Pengetahuan)

Yang Tersembunyi : Sikap, Karakter, motivasi, bakat

Karakteristik Kompetensi

Motif : yaitu apa yang mendorong, perilaku yang mengarah dan dipilih terhadap kegiatan atau tujuan tertentu

Sifat / Ciri Bawaan: yaitu ciri fisik dan reaksi reaksi yang bersifat tetap terhadap situasi atau informasi

Konsep Diri: sikap, nilai atau self image dari orang-orang

Pengetahuan : Informasi yang dimiliki orang-orang khususnya pada bidang yang spesifik

Keterampilan: Kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas fisik dan mental tertentu

Jenis Kompetensi

Soft Competency

Yaitu faktor tersembunyi lebih berpengaruh | belumbanyak disadari arti pentingnya | dan pengukutan dan pengembangan tidak mudah.

Hard Competency

Yaitu faktor pendidikan, pelatihan dan pengalaman | biasanya untuk yang superior tidak terlepas dari soft competency ( meningkatkan, menyempurnakan) | Pengukuran dengan sertifikasi

Cakupan Definisi Kompetensi

Underlying Characteristic: yaitu kompetensi melibatkan aspek-aspek yang mendasari perilaku (motif, trait, value)

Criteria Referenced: kompetensi harus dapat diukur melalui kriteria spesifik atau standar tertentu (superior, average, lower, etc.)

Causal Relationship: yaitu kompetensi harus terkati dengan kinerja superior (kinerja muncul karena ada kompetensi, dsb.)

Superior Performance: yaitu menunjukan adanya leveling dalam kinerja

Efective Performance: yaitu menunjukkan adanya batas minimum dari kinerja sehingga bila ada karyawan yang kinerjanya di bawah batas tersebut harus dianggap tidak kompeten

Jenis Kompetensi:

Kompetensi Umum ( Core/Inti/Generic Competency)

Kompetensi Fungsional

Kompetensi Manajerial

Kompetensi Umum yaitu kompetensi yang harus dimiliki oleh seluruh karyawan, penjabaran kompetensi dari visi, misi, arah strategi dan nilai-nilai perusahaan.

Kompetensi Fungional yaitu kompetensi yang membedakan satu pekerjaan dengan pekerjaan lain. penjawaban kompetensi berdasarkan tuntutan pekerjaan / job family

Kompetensi Manajerial yaitu merupakan kompetensi yang membedakan posisi manajerial penjabaran kompetensi berdasarkan fungsi struktural organisasi.

MODEL KOMPETENSI

Rumusan yang digambarkan secara spesifik sebagai kombinasi antara pengetahuan, keterampilan dan perilaku agar seseorang dapar menunjukkan kinerja yang superior.

Serangkaian kompetensi yang digabungkan untuk mencapai kinerja yang superior pada saru / cluster jabatan tertentu.

ISI MODEL Kompetensi

Jenis Kompetensi, Definisi kompetensi, jenjang kemahiran, profil tuntutan kompetensi pekerjaan.

Definisi MSDM – BK | yaitu serangkaian keputusan untuk mengelola hubungan ketenagakerjaan secaraoptimal, mulai dari recruitmen, seleksi, penempatan, pemeliharaan dan pengembangan serta terminasi dengan memanfaatkan informasi kebutuhan kompetensi jabatan dan tingkat kompetensi individu secara terintegrasi untuk tujuan organisasi

Fungsi MSDM – BK | Kualifikasi/spesifikasi jabatan, Jalur karir jabatan, pelatinan penjenjangan, standart prestasi, struktur gaji, penilaian prestasi, penempatan, kebutuhan pelatihan, rekruitmen dan seleksi, konsultasi karir, dll

Pengukuran Kompetensi Pegawai:

Metode Pengukuran (Referensi dari profesional), Assesment Center, Psikotes, Wawancara (BEI), Kuisioner Perilaku, Penilaian 360 derajat, Biodata

Model Kompetensi

Intinya adalah Database Kompetensi Standart dengan diliputi oleh Program Kompensasi, Program Penilaian Hasil kerja, Sistem seleksi, pendidikan dan pengembangan, perencanaan sukses karir, program recruitmen, dan program kompensasi.

Langkah Pengembangan SDM

Profil Kapabilitas Pegawai: identifikasi kompetensi | uraian kompetensi jabatan | penilaian pemegang jabatan | identifikasi keunggulan dan kelemahan

Program Pelatihan dan Pengembangan Keterampilan

Perencanaan Pelatihan Individual

Penilaian Pascaprogram pelatihan/pengembangan keterampilan.

Faktor Eksternal yang harus diantisipasi:

Faktor Lingkungan

Faktor Perkembangan Teknologi

Human Resourches

Struktur Organisasi

Budaya Perusahaan

Aspek-Aspek Peningkatan Kompetensi

Komitmen | Kompetensi | Keefektifan Biaya | Keserasian | Penyesuaian Diri | Kinerja | kepuasan Kerja | motivasi pegawai.

Pegawai Suatu Organisasi

Perilaku Kerja | Pola Kerja | Produktivitas | Kualitas |

Tahapan Pengembangan SDM Berbasis Kompetensi

Salah pilih recruitmen maka akan menurunkan kualitas SDM

Salah didik saat pengembangan dan pendidikan maka akan menurunkan kompetensi SDM

Salah tugas saat penempatan tugas akan menurunkan daya performance / kinerja SDM

SDM yang Unggul adalah SDM yang memiliki Komitmen dan Kompetensi

Nah, setelah mempelajari tentang Kompetensi ini, apakah sekarang yang menjadi Kompetensimu?

About kang Rahmat

Sedang berusaha membangun ABdi Group, MRL, dan M&M. | mau lebih kenal dekat, cek Notes kang Rahmat di http://rahmatnugraha.net

Posted on 9 Mei 2012, in Course Material and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: