Perbankan Syariah, Apaan Tuh??

“Sistem perbankan yang saling menguntungkan, dengan keanekaragaman produk dan skema keuangan yang lebih variatif”

Alternatif Sistem Perbankan
Sistem Perbankan Syariah adalah alternatif sistem perbankan yang saling menguntungkan kedua belah pihak (nasabah dan bank), yang didukung oleh keanekaragaman produk dan skema keuangan yang lebih variatif, dan dilakukan secara transparan agar adil bagi kedua belah pihak. Perbankan syariah merupakan alternatif sistem perbankan yang kredibel dan menjadi pilihan masyarakat indonesia.

adapun perbedaan utama dari sistem perbankan syariah dengan sistem perbankan konvensional terletak pada:
1. Jenis produk yang lebih beragam dan skema keuangan yang lebih bervariasi.
2. Pengelolaan dana masyarakat yang transparan, sehingga lebih adil bagi nasabah dan bank.

iB (ai-Bi) dan Perbankan Syariah
Kehadiran sistem perbankan syariah di Indonesia semakin mudah ditemukan oleh masyarakat, dengan mengenali logo iB (ai-Bi) di bank – bank terkemuka terdekat, iB (ai-Bi) memudahkan masyarakat untuk mengenali tersedianya jasa perbankan syariah dimanapun di seluruh Indonesia. Logo iB merupakan penanda identitas industri perbankan syariah di Indonesia. yang merupakan kristaliasi dari nilai-nilai utama sistem perbankan syariah yang modern, transparan, berkeadilan, seimbang, dan beretika. Dengan adanya iB sebagai penanda, masyarakat akan merasa lebih nyaman kaerna produk dan jasa layanan perbankan yang diberikan akan mengutamakan nilai-nilai keadilan, transparasi, keseimbangan, etika, dan kebiakan sosial bersama.

Tentang iB (ai-Bi)

Sejarah iB
Sejak tanggal 2 Juli 2001 yang lalu, industri perbankan syariah secara resmi memiliki logo bersama sebagai penanda khas kehadiran dalam melayani masyarakat luas. sekarang masyarakat semakin mudah mengenali layanan perbankan syariah di sekitarnya. Dengan semakin banyaknya bank yang menawarkan produk dan jasa perbankan syariah, kehadiran logo iB (baca: ai-Bi) akan memudahkan masyarakat untuk mengenali secara cepat dan menemukan kelebihan layanan perbankan syariah untuk semua kebutuhan transaksi keuangannya.

Temukan iB
iB (ai-Bi) dirumuskan secara bersama-sama oleh bank Indonesia dengan para pelaku industri perbankan syariah dan merupakan milik bersama industri perbankan syariah di Indonesia. iB menjadi penanda identitas industri perbankan syariah di indonesia yang merupakan kristalisasi dari nilai-nilai utama sistem perbankan syariah yang modern, transparan, berkeadilan, seimbang, dan beretika.

Strategi Komunikasi
Bagi Bank Syariah sendiri, pemasangan logo iB di berbagai tampilan visual kantor dan promosi akan sangat membantu strategi komunikasi bank Syariah dalam menampilkan dirinya yang sekaligus sebagai corporate branding sehingga dapat menampilkan diri sebagai sebuah industri yang besar dan solid. Masyarakat yang melihat logo iB di bank-bank syariah, akan melihat bank tersebut sebagai bagian takterpisahkan dari sebuah sistem perbankan syariah yang besar, terintegrasi, dinamis, dan tertata dengan baik dalam kerangka dual banking system arsitektur perbankan indonesia serta kebijakan perekonomian nasional

Makna dibalik logo iB (ai-Bi)
Logo adalah sebuah bentuk daya cipta karsa manusia dalam bentuk grafis untuk mencerminkan visi dan tujuan, serta nilai dan segenap unsur perusahaan didalamnya. Sepanjang perjalanan zaman, dalam kekagumannya terhadap keteraturan semesta ciptaan tuhan, manusia berusaha menginterpretasikan ke-Mahasempurna-an disain dan rancangan melalui bentuk-bentuk geometris yang memadukan guratan seni dan kecermatan ilmu pengetahuan.

Bentuk Geometris
elemen utama logo ai-Bi ini, mencerminkan pencarian terhadap kesempurnaan, yang terartikulasi dalam beragam bentuk geometris yang mencoba untuk menyerap aspek-aspek keseimbangan, keteraturan, presisi matematis dan perubahaan yang terus menuju keparipurnaan.

iB (ai-Bi)
iB merupakan kristalisasi nilai-nilai keseimbangan, keteraturan, dan kesempurnaan dan hadir sebagai identitas penanda industri perbankan syariah di Indonesia. dan menghantarkan sebuah alternatif sistem perbankan yang modern, melayani, adil, transparan, beretika, kesetaraan, dan menebarkan kebaikan kepada masyarakat indonesia seutuhnya.

Ragam Warna
Pada Logo iB beragam warna yang digunakan memiliki makna mendalam.
1. Warna Biru       : sebagai warna yang diasosiasikan paling baik, melambangkan profeionalitas dan integritas.
2. Warna Merah  : warna merah yang dinamis mencerminkan bahwa industri ini akan selalu memiliki inovasi dan kreatifitas dalam menjawab kebutuhan konsumen
3. Warna Jingga  : warna yang satu ini sebagian orang juga mengenalnya dengan sebutan warna orange. warna ini melambangkan warna yang pebuh dengan kehangantan, dan mencerminkan pribadi yang ramah dan rendah hati.
4. Warna hijau     : warna ini melambangkan pertumbuhan
5. Warna putih    : warna ini adalah mencerminkan akan sistem industri yang dikelola oleh DPBs BI memiliki ketransparan yang optimal dan menganut prinsip syariah.

*Kode tulisan: DPBs BI

About kang Rahmat

Sedang berusaha membangun ABdi Group, MRL, dan M&M. | mau lebih kenal dekat, cek Notes kang Rahmat di http://rahmatnugraha.net

Posted on 15 Desember 2011, in Case Studies, Featured, Islamic Finance, Tak Berkategori and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: