Pengantar Manajemen Strategi

Management Strategik

Apakah itu strategic?

Strategic berbicara dengan tujuan

Strategi adalah bagaimana membuat perencanaan jangka panjang

Evaluasilah mau kemana kehidupan nanti dibawa

Butuh kesepakatan antar SDM dalam kelompok untuk pembentukan visi dan misi perusahaan.

PERUSAHAAN HARUS MENGAMBIL PERAN dalam MEMUTUSKAN ARAH PERUSAHAAN

A. THINGKING STRATEGICALLY

3 pertanyaan besar strategi

1. Sekarang perusahaan/ kita ada dimana “Where are we now?”

2. Kemanakah kita akan mencapai tujuan selanjutnya “Where do want to go?”

Bisnisnya apa dan posisinya apa?

Siapa yang akan dilayani

Outcomes to achieve “mencapai kemana?”

B. STRATEGY (What is It?)

Stretegi adalah

“A company strategi concist of The set of competitive mores and business approach that management is employing to run company.

Strategi adalah management “untuk Game Plan”

A attract and please costumers

Stake out a market position

Conduct operations

Compete successfully

Achieve organizational objectives (goals)

Pesaing ada yang terlihat dan tidak terlihat

10 aliran pemikiran strategi (3 Kelompok)

Kelompok 1. Konsep

Terdiri dati perencanaan persaingan posisi

Kelompok 2. Kemampat Entrepreneur (pandangan kedepan)

Terdiri dari wirausaha, kognitif, pembelajaran, kekuatan

Kelompok 3 Konfigurasi

(gabungan dari pemikiran 1 dan 2)

Strategi merupakan pola alokasi Sumberdaya agar kinerja perusahaan terpelihara.

Konsep strategi menurut Rangkuti 2000

1. Alat untuk mencapai tujuan dalam kaitan tujuan jangka panjang, program tindak lanjut serta prioritas alokasi sumberdaya (Ghandier 1962)

2. Alat untuk menciptakan keunggulan bersaing

3. Respon berkelanjutan yang adaptif terhadap peluang dan ancaman eksternal

Manajemen Strategis adalah proses dimana visi dan misi perusahaan ditetapkan

Visi : Nilai yang dimiliki oleh organisi

Misi : Pandangan yang dikerjakan orang/organisasi

Tujuan : Target dari kinerja yang dilakukan

Strategi : Alat mencapai misi dan tujuan

Taktik : Aksi yang dilakukan perusahaan untuk implementasi strategi

Identifikasi : Formulasi strategi >> Implementasi strategi

C. Model Bisnis

Adalah cara perusahaan mendapatkan uang. Dan berbicara tentang struktur biaya.

D. Strategi VS Business Model

E. Konsep Strategi Manajement (Good Strategi +Good Execution = Good Management)

TREND 3 MAYOR

1. Perspektif Sumberdaya

2. Organisasi Industri, Following Structure-Conduct-Performance

3. Strategi Conflict Approach, konflik cendrung menciptakan pasar >> following game theory principle

5 tugas Strategi Manajemen

1. Pengembangan Strategi

2. Objective

3. Craft a Strategi

4. Implementasi dan eksekusi Strategi

5. Monitor evaluasi dan aksi pengambilan koreksi

About kang Rahmat

Sedang berusaha membangun ABdi Group, MRL, dan M&M. | mau lebih kenal dekat, cek Notes kang Rahmat di http://rahmatnugraha.net

Posted on 15 Agustus 2011, in Strategic Management and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: