Motivation and Need

BAB II

MOTIVASI DAN KEBUTUHAN (Motivation and Need)

ARTI MOTIVASI
Motivasi muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen. Kebutuhan muncul karena konsumen merasakan ketidaknyamanan antara yang dirasakan dan yang sesungguhnya dirasakan. Kebutuhan yang dirasakan mendorong seseorang untuk melakukan tindakan memenuhi kebutuhan tersebut.

MODEL MOTIVASI
1. Konsumen mencari informasi mengenai produk, merk, atau toko.
2. Konsumen mungkin akan berbicara kepada teman, saudara, atau mendatangi toko.
3. Konsumen akan membeli produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan.
a. KEBUTUHAN
1. Kebutuhan Fisiologis/ Biologis / Primer, adalah kebutuhan yang datang dari dalam diri seseorang. seperti : Kebutuhan makanan, air, udara, pakaian, rumah atau seks
2. Kebutuhan Sekunder/ Psikologis, kebutuhan yang muncul sebagai reaksi konsumen terhadap lingkungan dan budayanya.
3. Kebutuhan yang dirasakan
Kebutuhan Utilitarian yang mendorong konsumen untuk membeli produk karena manfaat fungsional dak karakteristik objektif dari produk tersebut.
Kebutuhan Ekspresive/ hedonik, merupakan kebutuhan yang bersifat psikologis seperti rasa puas, gengsi, emosi, dan perasaan subjek lainnya. (Cenderung manfaat estetika dan tuntutan sosial)
b. TUJUAN
Perilaku (tindakan) adalah berorientasi tujuan. Ini artinya bahwa untuk memenuhi kebutuhannya, seorang konsumen harus memiliki tujuan akan tindakannya.
Tujuan Generik yaitu kategori umum dari tujuan yang dipandang sebagai cara untuk memebuhi kebutuhan.
Tujuan Produk Khusus yaitu produk atau jasa dengan merk tertentu yang dipilih oleh konsumen sebagai tujuannya

TEORI KEBUTUHAN
TEORI MASLOW, 5 KEBUTUHAN MANUSIA.
1. Kebutuhan Biologis/ Fisiologis (makanan, Air, udara)
2. Kebutuhan Rasa aman dan Keamanan (Perlindungan, UU)
3. Kebutuhan Sosial (dihormati, berteman, rasa memiliki)
4. Kebutuhan Ego (Status, Percaya Diri, Harga)
5. Aktualisasi Diri (Sukses, Kuasa)

Kebutuhan Fisiologis
Kebutuhan Fisiologis merupakan kebutuhan dasar manusia, yaitu kebutuhan tubuh manusia untuk mempertahankan hidup. Meliputi makanan, udara, rumah, pakaian, dan seks.
Kebutuhan Rasa Aman (Safety Needs). 
Merupakan kebutuhan perlindungan bagi fisik manusia. Hal ini mendorong konsumen agar lebih berhati-hati dalam melindungi diri dan keluarganya pada saat di rumah maupun di luar rumah.
Kebutuhan Sosial
Kebutuhan ini adalah kebutuhan berdasarkan kepada perlunya manusia berhubungan satu dengan yang lainnya.
Kebutuhan Ego (Egoistic or Esteem Needs)
Merupakan kebutuhan untuk berprestasi sehingga mencapai derajat yang lebih tinggi daripada yang lainnya.
Kebutuhan Aktualisasi diri (Need For Self- Actualization)
Derajat tertinggi dari kebutuhan adalah keinginan dari seorang individu untuk menjadikan dirinya sebagai orang terbaik sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimilikinya.

TEORI MOTIVASI MC CLELLAND
Theory of Learned Needs “ Ada 3 Kebutuhan dasar yang memotivasi seorang individu untuk berprilaku, yaitu: KEBUTUHAN SUKSES, KEBUTUHAN UNTUK AFILIASI, DAN KEBUTUHAN KEKUASAAN”
Kebutuhan Sukses
Kebutuhan sukses merupakan keinginan manusia untuk mencapai prestasi, reputasi, dan karir yang baik.
Kebutuhan Afiliasi
Kebutukan yang merupakan keinginan untuk bisa mengontrol lingkungannya. Termasuk mempengaruhi orang-orang di sekitarnya.

Kebutuhan Kekuasaan
Merupakan bentuk keinginan seseorang untuk bisa mengontrol lingkugannya.

MOTIVASI DAN STRATEGI PEMASARAN
Segmentasi
Merupakan bentuk mengarahkan target pasar berdasarkan tingkat kebutuhan konsumen.
Positioning
Merupakan citra produk atau jasa yang ingin dilihat konsumen. Kunci dari positioning adalah persepsi konsumen terhadap produk ataupun jasa.
PENGUKURAN MOTIVASI DAN KEBUTUHAN DALAM RISET KONSUMEN DAN RISET PEMASARAN
Kebutuhan dan motivasi konsumen dapat diukur dengan instrumen kuisioner. Dimana sejumlah pertanyaan diajukan kepada konsumen dan konsumen melaporkan motivasi dan kebutuhan sebagaimana ditanyakan kepadanya. Metode ini disebut dengan pelaporan diri (self Report)

Summarized by Rahmat Nugraha (Majoring in Management Bogor Agricultural University (IPB) www.rahmatn08.student.ipb.ac.idwww.NugrahaRahmat.co.cc).College of based on ujang sumarwan.2003. Perilaku KonsumenTheory & Application in Marketingwww.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id

About kang Rahmat

Sedang berusaha membangun ABdi Group, MRL, dan M&M. | mau lebih kenal dekat, cek Notes kang Rahmat di http://rahmatnugraha.net

Posted on 8 Mei 2011, in Course Material and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: